Mengenai Saya

Foto saya
Ketika sebuah kalimat yang keluar dari mulut tak bisa didengarkan oleh orang lain. Maka Menulislah, disitu Anda akan dikenang sepanjang usia Anda, karena mungkin kata-kata yang keluar dari mulut tak bisa mengubah seseorang, tetapi tulisan yang dibaca berulang bisa menjadi pengaruh untuk seseorang. Maka Menulislah!

Senin, 04 Maret 2013

Reve Hijab

dibawah ini merupakan tulisan non fiksi proposal usaha yang saya dan rekan-rekan saya buat saat perlombaan perencanaan bisnis di Indonesia Banking Shcool
check it out!



cover of Reve Hijab

 

EXECUTIVE SUMMARY


Trend hijabers kini telah menguasai pasar industri. Tahun 2011 merupakan titik puncak merambahnya eksistensi dari dunia perhijaban. Indonesia yang juga merupakan salah satu negara yang dilirik untuk peluang terbesar dalam berbisnis hijab telah banyak melahirkan wirausaha-wirausaha yang menjual berbagai kebutuhan muslimah. Permintaan akan kebutuhan muslimah khusunya hijab pun kian melonjak hebat ditengah-tengah tahun 2011 pada saat itu.
Reve hijab adalah sebuah bisnis yang memasarkan berbagai jenis produk kebutuhan muslimah, mulai dari pashmina, jilbab segi empat, baju muslimah hingga rok muslimah. Selain itu, Reve hijab juga memasarkan inner of hijab dan aksesoris lainnya. Harga yang dipasarkan oleh Reve hijab merupakan harga yang terjangkau, mulai dari kisaran Rp.8000 hingga Rp.150.000. promosi yang dilakukan oleh Reve hijab mulai dari berbagai jejaring sosial, hingga menggunakan sistem pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut). Reve hijab yang memasarkan kebutuhan muslimah ini, menjual produknya secara online maupun offline. Hal tersebut dilakukan demi meningktkan penjualan dari Reve hijab sendiri. Reve hijab juga telah memperkerjakan beberapa orang didalam usahanya, baik sebagai penjahit maupun sebagai reseller.
Berdasarkan analisa keuangan Reve hijab dinilai sebagai bisnis yang memiliki potensi yang dapat meraih keuntungan besar dan dapat bertahan dalam jangka panjang. Dengan modal awal Rp. 20.000.000,- di tahun kedua  penjalanan bisnis ini diperkirakan bisa mencapai omzet Rp. 193,830,000,- dengan tingkat Return of Investment (ROI) 229,57% dan payback period selama 6 bulan 24 hari. Angka tersebut diperoleh dengan estimasi penjualan tumbuh secara konstan 30% tahun.
Reve hijab sendiri diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan masayarakat dalam hal bergaya ala muslimah yang baik. Selain itu, dengan adanya Reve hijab ini, diharapkan bisa mengurangi tingkat pengangguran di DKI Jakarta dan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia lewat wirausaha-wirausaha muda yang mulai berbisnis walaupun masih kategori usaha kecil.

 

LATAR BELAKANG

Sejarah Berdirinya Usaha

Tahun 2011 menjadikan momen sejarah paling penting untuk para pengusaha hijab karena pada tahun itulah titik mode hijab berkembang (kompas, 2011). Permintaan akan hijab pun semakin hari semakin bertambah karena semakin banyak muslimah yang mengenal tren berhijab. Salah satuanggota Hijabers Community Depok, Ajeng Rahayu, mengungkapkan berbusana hijab kini menjadi suatu tren yang tumbuh pesat di kalangan Muslimah Indonesia. Hijab yang berasal dari bahasa Arab, yang arti harfiahnya penutup, bisa diartikan dengan memakai jilbab atau kerudung dengan tujuan untuk menutup aurat bagi perempuan Muslim (republika, 2011).

Mayoritas penduduk di DKI Jakarta pun memeluk agama Islam. Penduduk Islam pada tahun 2012 di DKI Jakarta kini mencapai 180 juta jiwa (Kementerian Agama 2012). Merupakan salah satu peluang untuk kami dalam membuka bisnis perhijaban di DKI Jakarta karena dilihat dari target pasar yang mendukung yakni banyaknya jumlah muslim di Jakarta.

Prospek Pasar


Manfaat Ekonomi

Mengembangkan Budaya Wirausaha demi meningkatkan perekonomian Indonesia,dengan jalan menjadi mahasiswa yang unggul dan berkarakter, yang salah satu indikatornya adalah dengan memiliki jiwa wirausaha dan mampu mengembangkannya menjadi nyata. Selain itu, melihat peluang mengenai trend muslimah yang bergaya stylish,membuat kami sadar akan peluang ini. Dari bisnis yang kami jalankani in kami dapat membuka lapangan pekerjaan seperti halnya penjahit bagi produk yang kami tawarkan dan kesempatan bagi reseller atau pengecer produk kami.

Manfaat Sosial

Kami berharap dengan adanya usaha kami, bisa menjadikan salah satu lapangan pekerjaan. Hal ini jelas akan memberikan kesempatan untuk membuka kesempatan untuk angkatan kerja yang belum memperoleh pekerjaan untuk dapat membantu kami dalam peningkatan penjualan, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Selain itu, dengan dibukanya usaha kami, kami dapat bersosialisasi dengan orang banyak melalui transaksi jual beli dengan pelayanan prima, dan dapat memberikan kontribusi untuk perkembangan gaya muslimah di DKI Jakarta, Indonesia serta dunia Internasional.


 
dibawah ini merupakan tutorial hijab yang saya dan kawan-kawan buat untuk mempermudah muslimah mengenakan hijab trend namun tetap stylish. model dari tutorial hijab ini adalah sahabat kami, arnis--salah satu mahasiswa di Universitas TRILOGI d/h STEKPI


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar