check it out!
cover of Reve Hijab
EXECUTIVE SUMMARY
Trend hijabers kini telah menguasai pasar industri. Tahun 2011 merupakan
titik puncak merambahnya eksistensi dari dunia perhijaban. Indonesia yang juga
merupakan salah satu negara yang dilirik untuk peluang terbesar dalam berbisnis
hijab telah banyak melahirkan wirausaha-wirausaha yang menjual berbagai
kebutuhan muslimah. Permintaan akan kebutuhan muslimah khusunya hijab pun kian
melonjak hebat ditengah-tengah tahun 2011 pada saat itu.
Reve hijab adalah sebuah bisnis yang memasarkan berbagai jenis produk kebutuhan
muslimah, mulai dari pashmina, jilbab segi empat, baju muslimah hingga rok
muslimah. Selain itu, Reve hijab juga memasarkan inner of hijab dan aksesoris lainnya.
Harga yang dipasarkan oleh Reve hijab merupakan harga
yang terjangkau, mulai dari kisaran Rp.8000 hingga Rp.150.000. promosi yang
dilakukan oleh Reve hijab mulai dari
berbagai jejaring sosial, hingga menggunakan sistem pemasaran word of mouth (dari mulut ke mulut). Reve hijab yang memasarkan kebutuhan muslimah ini, menjual produknya
secara online maupun offline. Hal tersebut dilakukan demi meningktkan penjualan
dari Reve hijab sendiri. Reve hijab juga telah memperkerjakan beberapa orang didalam
usahanya, baik sebagai penjahit maupun sebagai reseller.
Berdasarkan analisa keuangan Reve hijab dinilai sebagai bisnis yang memiliki potensi yang dapat
meraih keuntungan besar dan dapat bertahan dalam jangka panjang.
Dengan modal awal Rp. 20.000.000,- di tahun kedua penjalanan bisnis ini diperkirakan bisa
mencapai omzet Rp. 193,830,000,- dengan tingkat Return of Investment (ROI) 229,57% dan payback period selama
6 bulan 24 hari. Angka tersebut diperoleh dengan
estimasi penjualan tumbuh
secara konstan 30% tahun.
Reve hijab sendiri diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan
masayarakat dalam hal bergaya ala muslimah yang baik. Selain itu, dengan adanya
Reve hijab ini, diharapkan bisa mengurangi tingkat pengangguran di
DKI Jakarta dan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia lewat
wirausaha-wirausaha muda yang mulai berbisnis walaupun masih kategori usaha
kecil.
LATAR BELAKANG
Sejarah Berdirinya Usaha
Tahun 2011
menjadikan momen sejarah paling penting untuk para pengusaha hijab karena pada
tahun itulah titik mode hijab berkembang (kompas, 2011). Permintaan akan hijab
pun semakin hari semakin bertambah karena semakin banyak muslimah yang mengenal
tren berhijab. Salah satuanggota Hijabers Community Depok, Ajeng
Rahayu, mengungkapkan berbusana hijab kini menjadi suatu tren yang tumbuh pesat
di kalangan Muslimah Indonesia. Hijab yang berasal dari bahasa Arab, yang arti
harfiahnya penutup, bisa diartikan dengan memakai jilbab atau kerudung dengan
tujuan untuk menutup aurat bagi perempuan Muslim (republika, 2011).
Mayoritas penduduk di DKI Jakarta pun memeluk agama Islam. Penduduk
Islam pada tahun 2012
di DKI Jakarta kini mencapai 180 juta jiwa (Kementerian Agama 2012). Merupakan salah satu peluang untuk kami
dalam membuka bisnis perhijaban di DKI Jakarta karena dilihat dari target pasar
yang mendukung yakni banyaknya jumlah muslim di Jakarta.
Prospek Pasar
Kini semakin banyak wanita muslim yang tertarik untuk
mengenakan busana yang menutup aurat dan memenuhi persyaratan syariah. Selain
itu, penduduk di DKI Jakarta yang mayoritas beragama Islam menjadi salah satu
faktor pendukung untuk dijadikan target pasar dalam bisnis hijab dan membuat
usaha hijabpun semakin gencar dari permintaan pasar, semakin terbuka luaslah
kesempatan untuk membuka bisnis hijab tersebut. Di tahun 2012 ini makin banyak
pemain di layar kaca mengenakan hijab dalam dunia persinetronan yang membuat
masyarakat yang sering melihat layar kaca menjadi tertarik untuk mengenakan
hijab yang sesuai syariah. Disamping itu, banyak pula disajikan tips and trick untuk mengenakan hijab
yang menarik namun tetap sesuai dengan syariah. Hal tersebut membuat kami melihat peluang besar untuk
membuka usaha hijab atau pernak-pernik muslimah.
Manfaat Ekonomi
Mengembangkan Budaya Wirausaha demi meningkatkan
perekonomian Indonesia,dengan jalan menjadi mahasiswa yang unggul dan
berkarakter, yang salah satu indikatornya adalah dengan memiliki jiwa wirausaha
dan mampu mengembangkannya menjadi nyata. Selain itu, melihat peluang mengenai
trend muslimah yang bergaya stylish,membuat
kami sadar akan peluang ini. Dari bisnis yang kami jalankani in kami dapat
membuka lapangan pekerjaan seperti halnya penjahit bagi produk yang kami
tawarkan dan kesempatan bagi reseller
atau pengecer produk kami.
Manfaat Sosial
Kami berharap
dengan adanya usaha kami, bisa menjadikan salah satu lapangan pekerjaan. Hal
ini jelas akan memberikan kesempatan untuk membuka kesempatan untuk angkatan
kerja yang belum memperoleh pekerjaan untuk dapat membantu kami dalam
peningkatan penjualan, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di
Indonesia. Selain itu, dengan dibukanya usaha kami, kami dapat bersosialisasi
dengan orang banyak melalui transaksi jual beli dengan pelayanan prima, dan
dapat memberikan kontribusi untuk perkembangan gaya muslimah di DKI Jakarta,
Indonesia serta dunia Internasional.
dibawah ini merupakan tutorial hijab yang saya dan kawan-kawan buat untuk mempermudah muslimah mengenakan hijab trend namun tetap stylish. model dari tutorial hijab ini adalah sahabat kami, arnis--salah satu mahasiswa di Universitas TRILOGI d/h STEKPI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar