Mengenai Saya

Foto saya
Ketika sebuah kalimat yang keluar dari mulut tak bisa didengarkan oleh orang lain. Maka Menulislah, disitu Anda akan dikenang sepanjang usia Anda, karena mungkin kata-kata yang keluar dari mulut tak bisa mengubah seseorang, tetapi tulisan yang dibaca berulang bisa menjadi pengaruh untuk seseorang. Maka Menulislah!

Senin, 04 Maret 2013


cover of 
“Strategi
Pengembangan Pasar PT Maicih Inti Sinergi untuk Mencapai Visi Go International”
LATAR BELAKANG
Fenomena wirausaha muda saat ini tengah marak di masyarakat yang memulai bisnis diberbagai bidang sehingga membuat semakin ramainya persaingan bisnis. Munculnya wirausaha muda turut didukung dengan semakin banyaknya perlombaan terkait dunia bisnis. Hal ini tentu saja secara tidak langsung semakin mendukung berkembangnya wirausaha muda.
 
Bandung merupakan salah satu tempat dimana wirausaha muda bermunculan.Bahkan wirausaha muda asal Bandung berani untuk menciptakan tren dimasyarakat (bisnis-jabar.com). Salah satu wirausaha muda yang berani menciptakan tren tersebut adalah Reza Nurhilman, seorang wirausahawan muda yang menciptakan trend keripik pedas “Maicih”. Maicih merupakan produk keripik pedas yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Maicih adalah pioneer munculnya keripik pedas. Usaha keripik pedas Maicih pun menjadi salah satu usaha yang menjanjikan dengan omzet yang didapat bisa mencapai Rp 4 miliar dalam sebulannya (Precase NBCC 2012). Hal inilah yang menjadikan banyak usaha lain sejenis yang bermunculan setelahnya, sebut saja Karuhun, Bukan Si Emak, dan Ceu Tety Chips. Namun hal tersebut tidak begitu saja bisa menggantikan Maicih yang sudah melekat di hati masyarakat sebagai leader keripik pedas. Maicih tetap
menjadi tren untuk keripik pedas di masyarakat.

Namun pada tahun 2012, penjualan keripik Maicih sudah tidak lagi seperti pada tahun 2010-2011. Hal ini dapat dilihat dari omzet yang diperoleh mengalami fluktuasi (turun naik) sebagaimana ditunjukkan pada grafik.1 berikut ini :
Sumber : Precase NBCC 2012
 
Grafik 1 Inflow Omzet Penjualan Maicih Ketidakstabilan perolehan omzet tersebut mengindikasikan adanya
ketidakstabilan dalam penjualannya. Hal ini perlu mendapat perhatian penting karena saat ini para pesaing Maicih sudah menjadi kempetitor yang harus turut diperhitungkan. Berbagai upaya perlu dilakukan untuk meningkatkan kembali penjualan keripik pedas Maicih.
 
Oleh karena itu, melalui tulisan yang berjudul “Strategi Pengembangan Pasar PT Maicih Inti Sinergi untuk Mencapai Visi ‘Go International”, kami akan menelaah apakah strategi yang diterapkan oleh PT.Maicih Inti Sinergi saat ini sudah tepat dalam mencapai visinya yaitu “Go International”, serta mengevaluasi kinerja tim PT.Maicih Inti Sinergi untuk mencapai target perusahaan dan membantu mengembangkan usaha-usaha Maicih kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar