Mengenai Saya

Foto saya
Ketika sebuah kalimat yang keluar dari mulut tak bisa didengarkan oleh orang lain. Maka Menulislah, disitu Anda akan dikenang sepanjang usia Anda, karena mungkin kata-kata yang keluar dari mulut tak bisa mengubah seseorang, tetapi tulisan yang dibaca berulang bisa menjadi pengaruh untuk seseorang. Maka Menulislah!

Senin, 04 Maret 2013

KUALITAS PENDIDIKAN DI DAERAH TERPENCIL DENGAN METODE PEMBELAJARAN TERENCANA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING BANGSA




Pembangunan pendidikan merupakan salah satu prioritas utama dalam pembangunan Nasional. Salah satunya adalah di negara Indonesia. Indonesia merupakan negara yang memiliki cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa dan kesejahteraan umum, yang telah tercantum dalam UUD 1945. Setiap upaya dan dayapun dikerahkan oleh berbagai pihak demi mencapai cita-cita bangsa Indonesia, tak terkecuali! Pendidikan adalah salah satu hal mendasar yang dapat membawa hidup kita menuju malapetaka atau kebahagiaan. Untuk itu, semua masyarakat Indonesia, berhak mendapatkan pendidikan yang layak hingga tercapai kesejahteraan hidup.
Tujuan penulisan karya tulis ini adalah membuka pemikiran kita semua khususnya bangsa Indonesia untuk bisa saling memajukan pendidikan baik di daerah maju maupun daerah terpencil dengan menggunakan metode yang telah diterapkan dan direncanakan yang telah berhasil membawa daerah lain menuju pendidikan yang lebih baik. Untuk itu, kita sebagai masyarakat yang telah mengetahui hal tersebut ada baiknya memberikan arahan agar Indonesia dapat mencapai cita-citanya yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan kualitas pendidikan di Indonesiapun meningkat.
Metode penulisan yang digunakan dalam penyusunan karya tulis tulis ini adalah deskriptif yang menjelaskan bagaimana metode pembelajaran yang baik bagi murid agar bisa menerapkan materi dengan baik dan tanggap dan dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari hasil kajian pustaka berupa buku, jurnal, artikel dari internet serta diskusi dengan dosen pembimbing yang penulis ulas kembali menggunakan kata-kata yang bisa dipahami dan tidak mengandung unsur subjektif.
Daerah terpencil juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak, tidak hanya untuk daerah maju saja. Setiap orang yang lebih tepatnya mendapatkan pendidikan yang layak agar mereka bisa mencapai kesejahteraan hidup. Banyak metode-metode yang digunakan guru-guru untuk membentuk pribadi murid yang baik dan cerdas. Tetapi tak ayal metode yang digunakan juga membawa dampak buruk terhadap system pengajaran yang diberikan terhadap murid. Agar setiap metode bisa berjalan dengan selaras, untuk itu guru-guru, khususnya yang mengajar murid di daerah terpencil juga harus memahami keadaan dan kondisi anak agar bisa mengetahui metode pembelajaran apakah yang pantas diberikan agar bisa membentuk pribadi murid yang baik bisa melalui pendekatan terlebih dahulu terhadap anak yang akan diajarkan.
Hasil dari penulisan ini adalah membuktikan apa saja masalah yang dihadapi oleh pengajar di daerah terpencil untuk membantu bangsa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan metode-metode pembelajaran yang telah diterapkan. Hambatan lain dalam melakukan pembelarajan dan dalam proses menerapkan metode pembelajaran adalah dimana murid dan wali murid belum menemukan manfaat pendidikan, karena pada umumnya orang tua dipelosok masih menganut faham setiap kegiatan yang dilakukan spontanitas dapat dirasakan manfaatnya. Kita ambil contoh, orang tua murid lebih antusias terhadap anaknya yang ingin membantu meringankan pekerjaan orang tua dibandingkan dengan belajar dan berangkat ke sekolah. Untuk itu setiap pengajar di daerah terpencil juga harus memiliki keahlian khusus dalam menyelaraskan metode yang telah ditetapkan atau mengubah metode agar anak lebih bisa nyaman untuk belajar di sekolah.


Pendidikan di Indonesia yang masih dapat diakatakan memprihatikan ini, dibuktikan antara lain dengan data UNESCO (2000) tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index), yaitu komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan per kepala yang menunjukkan, bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109 (1999) yang ternyata tak membuat para pengajar sukarelawan dari Indonesia Mengajar yakni  sebanyak 71 pengajar muda angkatan keempat mulai menuju lokasi mengajar di berbagai daerah Jumat dan Sabtu pekan ini. Mereka akan ditempatkan selama satu tahun di 71 SD di 10 kabupaten di sembilan provinsi. Retno Widyastuti dari Indonesia Mengajar mengemukakan, para pengajar muda angkatan keempat yang direkrut Indonesia Mengajar ini terpilih dari 8.501 pelamar. Mereka yang terpilih akan mengabdi selama satu tahun, hidup bersama masyarakat, dan memperjuangkan anak-anak di berbagai pelosok untuk mendapatkan pendidikan yang baik. (JAKARTA, KOMPAS.com-14/6/2012).
 Data yang telah menunjukkan bahwa indeks perkembangan manusia Indonesia semakin menurun memang sudah seharusnya menjadi penyemangat kepada setiap insan agar bisa membantu mewujudkan janji Negara. Ternyata dari data Badan Pusat Statistik menunjukkan pula Angka Tingkat Partisipasi Sekolah dari masyarakat Indonesia secara keseluruhan belum mencapai pada tingkat yang diinginkan. Dibawah ini adalah tabel yang menunjukkan Angka Partisipasi Sekolah pada tahun 2008-2010 di bidang pendidikan formal.



Tabel 1. Angka Partisipasi Sekolah
Indikator
2008
2009
2010
Angka Partisipasi Sekolah (APS) 7-12 th
97,83
97,95
97,96
Angka Partisipasi Sekolah (APS) 13-15 th
84,41
85,43
86,11
Angka Partisipasi Sekolah (APS) 16-18 th
54,70
55,05
55,83
Angka Partisipasi Sekolah (APS) 19-24 th
12,43
12,66
13,67

Angka diatas menunjukan bahwa nampaknya tingkat kesadaran masyarakat akan pendidikan masih terlalu minim karena dari sekian ratus juta jiwa, yang memiliki partisipasi sekolah di masa usia 19-24 tahun di tahun 2010 hanya sekitar kurang lebih 13.670.000 jiwa. Tetapi masih ada kemajuan yang ditunjukkan dari data diatas yakni, masa usia 19-24 tahun ada peningkatan Angka Patisipasi Sekolah walaupun Angka Partisipasi Sekolah tidak stabil di saat masa usia anak sekitar 7-12 tahun.
Adapun permasalahan khusus dalam dunia pendidikan yaitu (sayapbarat.wordpress.com/2007/08/29/masalah-pendidikan-di-indonesia.):
a)      Rendahnya sarana fisik,
b)     Rendahnya kualitas guru,
c)      Rendahnya kesejahteraan guru,
d)     Rendahnya prestasi siswa,
e)      Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan,
f)       Rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan,
g)      Mahalnya biaya pendidikan.
Dari permasalahan khusus di dunia pendidikan tersebut, penulis menspesifikasikan karya tulis ini didalam permasalahan  rendahnya kualitas guru. Kaitannya dengan judul karya tulis ini mengenai metode pembelajaran yang diterapkan terhadap murid bahwasannya, sebagian guru di Indonesia bahkan dinyatakan tidak layak mengajar. Persentase guru menurut kelayakan mengajar dalam tahun 2002-2003 di berbagai satuan pendidikan sebagai berikut: untuk SD yang layak mengajar hanya 21,07% (negeri) dan 28,94% (swasta), untuk SMP 54,12% (negeri) dan 60,99% (swasta), untuk SMA 65,29% (negeri) dan 64,73% (swasta), serta untuk SMK yang layak mengajar 55,49% (negeri) dan 58,26% (swasta) {detiknews}. Kelayakan mengajar juga bisa dilihat dari cara guru itu mengajarkan atau memberikan materi kepada murid-murid, apakah dengan metode pembelajaran yang baik atau tidak?
Disini seharusnya kita sebagai generasi penerus bangsa bisa menciptakan pemuda-pemudi yang memiliki semangat dan keinginan belajar yang tinggi. Tak hanya niat yang dibutuhkan untuk bisa mencapai tujuan Negara, tetapi usaha yang seharusnya dikerahkan oleh para pengajar yang berkompeten agar bisa mengajarkan bagaimana cara belajar dengan metode yang menarik agar murid bisa nyaman dan memiliki hasrat untuk terus mengeyam pendidikan hingga menuju ke Perguruan Tinggi. Dengan begitu Bangsa Indonesia bisa membantu melunasi hutang Negara Indonesia yang berjanji untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mensejaterakan masyarakat Indonesia. Jangan hanya menunggu perintah baru bergerak, tapi berinisiatiflah karena Negara kita butuh orang-orang yang berdedikasi tinggi. Mari lakukan perubahan!
 

1 komentar:

  1. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional” Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah,
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : www.fastpay-nasional.com Hp:081335640101


    “Topi sekolah Termurah Se-Indonesia Full Bordir Rp.6000/Pcs”
    Jual dan produksi topi sekolah dengan harga 6.000 , BISA Kirim Sample/Contoh.
    Pembelian tanpa minim order melayani Seluruh indonesia ,
    Menerima Agen DI Seluruh Indonesia
    “Kontak Kami Jl.rajawali 26 RT.02 Rw.06 Punggul-gedangan-sidoarjo jawa timur(dekat bandara juanda surabaya)
    www.produksitopisekolah.blogspot.com
    Tlp.031-8014543 Hp:081335640101 PIN BBM: 73E658A2

    BalasHapus